Sabtu, Januari 20, 2007

Mengerjakan Proyek Freelance dari luar negeri, dicoba aja ..

Kadang jika sedang kosong, saat proyek-proyek sudah selesai dan sedang menunggu proyek yang lain, saya biasa mencari-cari proyek di website-website freelance. Pernah menang beberapa kali, hasilnya lumayan kok, uangnya dalam Dollar. Kadang ada teman yang tanya, apa uangnya benar-benar bisa dicairkan , jawabnya bisa.
Uang saya sudah saya cairkan lewat transfer ke rekening BCA. Memang tidak semua support transfer langsung ke rekening, kebetulan GAF, site freelancer favorit saya support itu.
Selain transfer biasanya dikirim lewat Paypal, E-Gold, dan Moneybookers.

Untuk dapat menang Bidding memang cukup sulit, apalagi jika peserta bidding yang lain sudah punya point bagus dari review pemilik proyek. Kalau sudah begini senjata kita tinggal mengandalkan rendahnya nilai bidding. Untuk awal-awal agar terpilih kayaknya kita memang harus banting harga dulu.
Soalnya kalau sekali menang dan di-review baik sama pemilik proyek, kesempatan menang berikutnya jauh lebih mudah, apalagi jika saingannya masih orang baru semua.

Yang juga sangat penting adalah portofolio dan CV, kalau bidding, sertakan pula contoh pekerjaan yang pernah dikerjakan, juga kirim aja CV meskipun gak diminta, siapa tahu pemilik proyek meski tidak memilih kita sebagai pemenang, tapi tertarik pada kemampuan kita yang lain. Saya mendapat kemenangan pertama dari CV kayak gini. Ikutan proyek web, tapi yang punya proyek justru menghubungi lewat email dan bertanya-tanya tentan GIS. Dan dari ngobrol2 selanjutnya saya mendapatkan proyek kecil-kecilan. Yang penting saya dapat good review.

Kalau teman-teman ingin juga, sign up aja ke site-site freelance, gratis kok, kita hanya dipungut biaya saat menang proyek. Bahkan banyak site-site yang kita bisa lihat proyeknya apa aja tanpa daftar dulu. Disana nanti akan ada list proyek-proyek yang baru. Hanya saja untuk detail proyeknya harus diklik satu persatu. Saya biasanya ambil dengan WinHTTTrack atau Teleport di kampus atau dipemkot terus dengan program kecil saya ambili informasi-informasi yang penting dan ditaruh di satu file, untuk kemudian dibaca-baca dirumah.

Nah, sekarang,selain buat sendiri data-data tadi saya publish biar lebih berguna di HippoFreelance. Semoga selalu ada waktu buat update tiap hari :)

2 komentar:

  1. Anonim5:13 AM

    Hallo ,bagi anda seorang freelancer atau webmaster yang ingin memposting projek bisa daftar di http://www.esialance.com ,untuk deposit dan withdraw bisa langsung ke BCA .Kamu bisa kerja dirumah sesuai dengan kemampuan yang ada dan untuk sistem kerja operasionalya dibutuhkan koneksi internet.Esialance sangat membantu untuk mencarikan pekerjaan anda sesuai keinginan kamu.

    Itu adalah salah satu contoh website yang menawarkan jasa outsourcing/freelance ,masih banyak lagi jenis websitenya namun gak ada yang menggunakan BCA sebagai sarana transaksi untuk kalangan provider dari Indonesia


    *Aku juga baru diberitahu ama temen,tampaknya website baru launching..

    BalasHapus
  2. Anonim4:51 AM

    jangan mengerjakan job freelance apa seperti mengerjakan paid review bro?
    misal jobnya writing, berarti kita harus nulis kayak di paid review itu ya boss atau gimana ? ajarin dong

    BalasHapus