Jumat, Februari 13, 2009

Tak boleh hamil dalam waktu dekat setelah operasi caesar (sesar/seksio)

Berapakah jarak aman antar kehamilan setelah sesar?

Jarak aman antarkehamilan yang disarankan adalah 2 tahun setelah sesar. Meski ini bukan angka mati karena terpulang kembali pada kondisi masing-masing ibu. Idealnya, sehabis menjalani operasi sesar, tunda kehamilan sampai luka operasi dan jahitannya benar-benar sembuh dan kuat.

Mengapa perlu ditunda?

Kehamilan selagi jahitan masih basah dan belum kuat dikhawatirkan membuatnya lepas, sehingga terjadi robekan rahim yang jauh lebih besar. Dan selanjutnya membahayakan ibu seiring dengan membesarnya perut. Selain itu, tenggang waktu 2 tahun ini juga dimaksudkan untuk memberi kesempatan pada organ-organ reproduksi maupun organ lainnya untuk beristirahat.

Bagaimana jika sudah terlanjur hamil?

Kalau memang sudah keburu hamil sebelum batas waktu tersebut, segeralah berkonsultasi secara intensif pada dokter kebidanan dan kandungan. Akan lebih baik bila yang didatangi adalah dokter yang dulu menangani operasi sesar ibu karena dialah yang tahu kondisi pasiennya. Bila ada tanda-tanda yang mencurigakan, seperti rasa nyeri yang sangat di bawah daerah sayatan atau di atas tulang kemaluan, jangan ragu untuk segera ke rumah sakit.

Saat usia kehamilan 36 minggu, jangan lupa mintalah dokter melakukan pengukuran biometri janin, letak plasenta, jumlah cairan ketuban dan tebal segmen bawah rahim. Pengukuran ini penting untuk mengetahui kapan operasi sesar harus dilakukan. Pada kehamilan yang jaraknya relatif dekat seperti ini biasanya ibu tidak dianjurkan menjalani persalinan normal karena dikhawatirkan bakal terjadi robekan rahim yang jauh lebih besar.
  .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar