Rabu, Januari 16, 2008

5 Langkah Membangkitkan Energi di Saat Lelah

Rasa lelah yang sering menghampiri kita (terutama pada pria dan wanita bekerja) janganlah dianggap enteng, karena rasa lelah yang berlebihan ini merupakan tanda bahwa kesehatan fisik bahkan mungkin mental Anda mulai terganggu. Selain berkonsultasi dengan dokter pribadi Anda untuk mengatasinya, cobalah untuk melakukan 5 langkah yang dapat membangkitkan energi sehingga rasa lelah tak sering mengganggu adalah:

  • Konsumsi Karbohidrat. Karena mengandung glukosa (zat gula) yang merupakan sumber enerji, karbohidrat sangat lah penting. Untuk enerji instan, makanlah nasi putih, roti, pisang, sereal, kismis. Jika Anda harus melakukan aktifitas yang cukup berat, cobalah makan makanan yang dicerna lebih lama seperti pasta, kentang, kacang-kacangan dan porridge oats
  • Makanlah sedikit demi sedikit namun sering. Makan 3 x sehari dalam porsi sedikit dan diselingi dengan snack ringan diantaranya ,dapat menjaga gula darah dalam level yang konstan, sehingga enerji dalam tubuh dapat mencapai jumlah maksimal.
  • Lakukan gerak badan ringan secara teratur setiap hari.
  • Bernapas dalam-dalam akan membawa oksigen yang sangat dibutuhkan ke dalam tubuh. Pejamkan mata, rileks, ambil napas dan hitung sampai 4. Lalu hembuskan napas lewat mulut secara perlahan, dan hitung sampai 8.
  • Jika Anda sedang benar-benar merasa lelah, cobalah untuk tidur sekitar 15-20 menit, jangan lebih. Riset menunjukkan bahwa tidur sejenak akan memperbaiki mood dan kembali mengumpulkan enerji kita.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar