Jumat, November 24, 2006

Daun seharga motor

Seperti biasanya, kalau pas hari-hari ada rapat pembahasan anggaran antara pemkot dengan dewan jadi sering pulang larut malam. Jadi gak sempat bersih-bersih rumah, apalagi halamn. Tanaman di halaman, sudah waktunya dipotong. Di halaman depan itu ada tanaman yang cepat sekali tumbuh padahal gak pernah disiram. Gak tahu tanaman apa namanya, pokoknya warnanya hijau daunnya kecil-kecil se kacamata dan keriput-keriput. Sering saya memandanginya dan melenguh.. heehh... seandainya kamu ini tanaman aglaonema...

Ya, andai saja tanaman yang tumbuh tak tercontrol tadi adalah aglaonema, pasti saya sudah tidak perlu kerja sampai larut malam, bahkan tidak perlu kerja sama sekali :).. Bayangkan satu lembar daun aglaonema, ada yang dihargai sampai belasan juta rupiah, seharga sepeda motor baru, kan! sekali lagi itu hanya SELEMBAR daun saja! Tapi setelah dipikir-pikir lagi mungkin tidak cocok memelihara aglaonema jika anak-anak kita masih kecil, bayangkan.. habis pulang kantor, melihat anak-anak asyik bermain masak-masakan.. terus kita tanya "masak apa anak-anak?". "Masak sayur Aglaonema , Yah !" sambil memegang aglaonema yang sudah di suwir-suwir. :))

Saya pertama tahu tentang aglaonema dari tabloid Flona. Disitu terdapat artikel tentang lomba aglaonema Indonesia, yang juara-juaranya bisa dilihat di sini. Berikut sedikit tentang aglaonema yang diambil dari salah satu situs aglaonema indonesia.



Pride of Sumatra,
Breeder : Gregori Garnadi Hambali, Bogor, Indonesia
Image Copyright by Lester Kallus


Aglaonema - Sri Rejeki - Chinese Evergreen
Aglaonema atau Aglonema - Tanaman yang disebut juga Sri Rejeki dan juga 'Chinese Evergreen' merupakan tanaman dari family Araceae. Genus Aglaonema terdiri dari sekitar 30 spesis. Habitat asli tanaman ini adalah di bawah hutan hujan tropis, sehingga tumbuh baik pada areal dengan intensitas penyinaran yang rendah dan kelembaban tinggi. Sekarang ini berbagai macam aglaonema hybrida telah dikembangkan, sehingga memiliki penampilan tanaman yang sangat menarik. Hybrida dari bermacam warna, bentuk, ukuran daun sehingga jauh berbeda dari spesies-spesies alami.


2 komentar:

  1. Anonim10:07 AM

    Semahal itukah? Aku baru tahu.

    BalasHapus
  2. Anonim12:43 PM

    Biasanya itu yang indukan baru hasil kawin silang, dan belum ada yang punya selain yang mengkawin silangkan, makanya harganya bisa mahal sekali.

    BalasHapus