Jumat, November 10, 2006

goodbye smarty, welcome qcodo

Nguantuk.. kemarin gak tidur... nyoba2 cari "inti"nya Qcodo. Untung akhirnya ketemu (lumayan ada pencerahan). Soalnya mau merombak website E-Budgeting Pemkot untuk tahun 2008 (mungkin juga dipakai 2007 PAK).
Kalau dihitung aplikasi ini sudah 3 kali berganti engine. Pertama untuk tahun 2005 dan awal 2006 menggunakan template engine speed template. Yang Kedua untuk tahun 2006 PAK dan 2007 pake Smarty. Masih seneng-senengnya pakai smarty, eh dirombak lagi pake qcodo. "Untuk Evolusi, biar tidak ketinggalan jaman", kata Pras, mbah-nya semua E di Bina Program( E-Budgeting, E-Procurement, E-Controlling, dll). Kita sih oke-oke aja, biar tambah ilmu. cuman target waktunya itu yang cukup mengerikan :)
BTW, setelah semalaman coba qcodo, kesan pertama adalah: seperti memprogram di .net. Cuman tanpa bantuan interface seperti di visual studio .net . Jadi kita memprogram web tapi seakan-akan memprogram untuk desktop. Karena disitu kita tidak perlu mengirim,menyimpan variabel, session dsb. seakan variabelnya ada terus disitu. Stateless dan Even Driven deh pokoknya. Walau jadi agak susah untuk desain tampilannya( tidak seenak smarty) , hasilnya sudah bisa langsung mengimplementasikan AJAX bok ! tapi kayaknya contoh form hasil generate-nya dia gak berguna deh. Susah untuk dimodifikasi. Lebih enak bikin sendiri dari awal dengan melihat-lihat example-nya.

2 komentar:

  1. Anonim1:01 PM

    selamat mas,
    akhirnya sukses ngoprek qmono tanpa lewat code generationnya (walaupun di situs qmono dibilang kalau kekuatan utamanya adalah code generation). gimana rasanya ya kalau bikin report budgeting pake classnya qmono? >.<

    BalasHapus
  2. Anonim1:44 PM

    From : mbah e (kata sendiri lho)

    Welcome to qcodo club. Perubahan qcodo itu disarankan karena upgradenya mudah. Kalau ada perubahan di table ngopreknya mudah jadi nggak butuh 1 bulan lagi toh hanya karena 1 field ?

    Report ?? lho yang baru bukannya udah ada QRepeat kl nggak salah. Lagian yang baru bisa diupgrade spt upgrade anti virus......

    Wow asik ya ..... Ya siap2 tahun depan ganti Framework lagi .... *A******** he he he

    "We use tools, not driven by tools"

    BalasHapus