Jumat, November 17, 2006

Thanks to SQL Server DTS

Barusan sampai di kampus. Dari Mojokerto jam 05:30, dan sempat makan dulu. Kemarin kesana soalnya Akhtar sakit (semoga lekas sembuh ya nak). Mau ngajar tentang Datawarehouse, dengan topik tentang SQLServer DTS. Salah satu topik favoritku.
Soalnya selain cukup asyik cara pakainya, juga cukup membantu dalam pengerjaan proyek-proyek terdahulu. Dengan DTS kita bisa mentransfer data dari format database apapun, termasuk excel, ke format database apapun. Kita dapat mengambil struktur tabel yang bagaimanapun bentuknya, untuk kemudian diubah strukturnya dalam bentuk yang lain. Dulu cukup berjasa saat proyek Manajemen Aset. Data manajemen aset yang lama berformat foxpro, yang harus diambil dan digabung kedalam database SQL Server yang dipakai pada aplikasi yang baru. Di E-Budgeting juga pernah dipakai untuk mentransfer data SHSD yang dibuat dalam bentuk Excel kedalam database Postgres . Lucu juga, pakai tool-nya SQLServer, tapi fungsi database sendiri gak pernah dipakai, cuman install biar bisa jalanin DTS doang.
Nah, terakhir kali pake barusan ini. Karena janji mau menggambarkan ER Diagramnya E-budgeting
( hihihi.. aplikasi dah jalan 2 tahun tapi tanpa pernah bikin desain ER, terbiasa kerja 'one man show' soalnya ) ke tim dokumentator, dan gak sempat bikin karena nungguin Akhtar sakit semalaman, terus ingat kalo ada DTS. So, tinggal pake DTS buat Import tabel-tabelnya postgres, terus dicetak ke Diagram-nya SQL Server, selesai, tinggal di capture terus dikirim email.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar