Senin, Desember 11, 2006

Kunjungan Di Jum’at Malam

Sebenernya sudah dari hari jum’at dokter bilang kalo Akhtar besok dah boleh pulang, nanti infusnya bisa dilepas. Tapi saya masih ragu, karena hasil tes ‘mantox’nya belum keluar. Tes mantox itu untuk ngetes apakah ada penyakit paru-paru atau tidak.

Sorenya, dia sudah tidak diinfus lagi. Hanya jarumnya saja yang masih nempel supaya mudah untuk menginjeksi obat. Sore itu juga dia bisa BAB dan tidak sembelit seperti yang saya khawatirkan.

Alhasil, malamnya dia sudah gerak lebih bebas dan tidur lebih nyaman. Tes mantoxnya juga negatif. Jadi, Akhtar sakit apa dong….???

Sekitar jam 10.30 malam, ada kunjungan yang awalnya saya pikir hanya suster yang ngecek obat untuk besok. Ternyata yang visite adalah dokter yang selama ini kita tunggu. Dari awal masuk RS, saya sudah meminta untuk ditangani dokter tersebut. Hanya saja beliau tidak bisa visite karena suaminya juga baru opname. Jadinya, beliau hanya memantau laporan dari dokter lain yang visite Akhtar tiap pagi.

Salut untuk beliau, seorang professor tapi rendah hati. Tau nggak kata pertama yang beliau sampaikan selain salam, “ Ma’af”. Ya, beliau minta ma’af karena baru kali ini bisa visite. Padahal hanya satu kata “ma’af”, tapi efeknya terasa skali. Rasa kesal saya, karena Akhtar belum pernah ditangani secara langsung dari awal sampai mau pulang, jadi hilang. Cara beliau memberi penjelasan akan sakitnya Akhtar juga enak, komunikatif (tidak seperti dokter yang saya temui di Malang kapan lalu itu :( ).

Jadi, diarenya Akhtar itu disebabkan oleh virus. Trus, paru-parunya kena bronciapnumonia, infeksi cabang saluran di paru-paru. Untuk kakinya, mungkin perlu fisioterapi. Mungkin juga Akhtar dah boleh pulang besok.

Malam ini Akhtar tidur tenang banget. Acara gebrak-gebrak kaki juga sudah jauh berkurang. Alhamdulillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar